Gejala Usus Buntu yang Tidak Banyak Orang Tahu

Sadar akan kehadiran gejala usus buntu itu penting, lho. Dengan begitu, Anda bisa segera mendapatkan penanganan sebelum kondisinya semakin parah dan mempengaruhi kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Jika selama ini penyakit usus buntu identik dengan rasa sakit pada perut sebelah kanan bagian bawah, maka itu benar.

Gejala Usus Buntu

Gejala paling umum dari penyakit ini memang sakit pada perut kanan bawah, tapi bukan berarti sakit yang muncul pada bagian perut lainnya bisa diabaikan.

Karena, beberapa pasien usus buntu juga mengalami sakit pada bagian perut lain, misalnya pada perut tengah atas dekat pusar.

Pada berapa kasus lainnya dikatakan jika penderita usus buntu juga mengalami rasa sakit pada bagian punggung bagian bawah atau panggul.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ketika Anda mengalami sakit perut yang parah dan intensitasnya cukup tinggi, karena bisa jadi kondisi tersebut menandakan Anda sedang mengalami radang usus buntu.

Baca Juga : Obat alami usus buntu

Gejala Usus Buntu Lainnya

Selain sakit perut, masih ada tanda atau ciri ciri penyakit usus buntu lainnya yang mana beberapa diantaranya bahkan sering diabaikan dan dianggap sebagai gangguan kesehatan biasa.

Dan, demam adalah salah satunya. Dari beberapa situs kesehatan, dikatakan jika demam merupakan sinyal atau respon tubuh terhadap adanya infeksi ataupun peradangan.

Selain demam, berikut beberapa gejala usus buntu lainnya yang juga harus Anda ketahui, seperti:

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah tidak selalu menjadi pertanda gangguan lambung, tapi juga beberapa penyakit lainnya termasuk penyakit usus buntu.

Ketika usus buntu mengalami infeksi atau peradangan, terkadang kondisi tersebut memberikan dampak pada saluran pencernaan dan sistem saraf, sehingga tidak heran jika mual dan muntah ini juga dialami penderita usus buntu.

  1. Gangguan Pencernaan

Baik diare, konstipasi atau sembelit, sampai dengan diare juga harus Anda waspadai, lho. Bisa jadi, kondisi tersebut merupakan pertanda usus buntu Anda mengalami peradangan.

  1. Susah Kentut / Buang Angin

Kentut memang bau, tapi bisa jadi masalah yang serius kalau Anda tidak juga kentut dalam waktu yang lama.

Kenapa demikian? Karena apabila seseorang kesulitan untuk buang angin, bisa jadi kondisi tersebut karena adanya penyumbatan pada usus sudah terjadi sebagian atau menyeluruh.

  1. Tidak Nafsu Makan

Biasanya, kondisi ini dipengaruhi oleh gejala lainnya yang membuat penderita tidak memiliki selera untuk makan. Maka dari itu, jika Anda atau anak Anda tidak nafsu makan dan disertai dengan gejala lainnya haruslah diwaspadai.

Nah, itulah beberapa gejala usus buntu selain sakit pada perut sebelah kanan yang tidak banyak orang tahu.

Terima kasih sudah menyimak informasi ini. Semoga, apa yang sudah kami sampaikan bisa memberikan manfaat untuk Anda semuanya.

Salam Sehat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*